Thursday 28 February 2019

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak atau yang biasa disebut dengan kunir merupakan tanaman herbal yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini berasal Indonesia, khususnya untuk Pulau Jawa, yang kemudian menyebar kebeberapa tempat di wilayah biogeografi Malesia.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan


Kandungan yang terdapat pada temulawak diantaranya protein, minyak atsiri dan karbohidrat, yang terdiri atas glukosida, kamfer, turmerol dan kurkumin. Kurkumin juga memiliki manfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototosik (keracunan empedu). Selain dimanfaatkan untuk jamu, temulawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat yang diambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur dan dikonsumsi oleh bayi atau orang-orang yang mengalami masalah pencernaan. Apa saja manfaat lain yang terkandung pada temulawak? 

1. Mengatasi masalah pencernaan 

Untuk manfaat temulawak mengatasi masalah pencernaan mungkin sudah sering anda dengar. Selain manfaat tersebut, ternyata temulawak juga memiliki manfaat untuk merangsang produksi cairan empedu pada kantung empedu. Cairan inilah yang dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan di dalam tubuh. Bukan hanya itu, manfaat lain dari temulawak yaitu dapat mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar dan meningkatkan nafsu makan. 

2. Menjaga kesehatan hati 

Tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti minyak atsiri, kurkumin, kamfer, glikosida, turmerol, myrcene, phellandrene, xantorizol, isofuranogermacreene, p-tolyl methly carbinol dan pati. Menurut ahli dari Divisi Hepatologi, senyawa yang terkandung pada temulawak dapat memberi proteksi pada organ hati. Oleh karena itu, temulawak baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit. Dan fungsi utama dari manfaat temulawak untuk hati yaitu hanya untuk memberikan perlindungan bukan untuk menyembuhkan. 

3. Mengurai lemak 

Temulawak juga memiliki keistimewaan lain, seperti mampu mengurai metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh. Tanaman herbal ini memiliki bahan aktif lainnya bukan hanya curcuminoid, yang dapat mempengaruhi sistem metabolisme lemak. 

4. Mengatasi Osteoarthritis 

Manfaat temulawak selain untuk masalah pencernaan juga dapat untuk mengatasi masalah persendian, seperti mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan masalah peradangan yang menyerang pada bagian persendian. Sendi-sendi yang mengidap penyakit osteoarthritis akan terasa kaku dan sakit. 

Menurut Journal of Alternative and Complemantery Medicine mengatakan bahwa efek temulawak hampir sama dengan efek ibuprofen (penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

Subscribe by Email

Manfaatkan Email anda sebaik mungkin, dapatkan artikel terbaru dan terbaik dari kami kapanpun dimanapun. Yuk Subscibe!

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh