Monday 25 February 2019

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Kualitas Tetap Terjaga

Menjaga kualitas bumbu dapur juga berarti menjaga kualitas nilai nutrisi yang ada di dalamnya. Supaya anda tetap mendapatkan manfaat dari cabai, lada dan bumbu dapur lainnya, anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan dan cara penggunaannya. Lalu bagaimana cara penyimpanan dan penggunaan bumbu dapur yang benar? Berikut cara penyimpanan dan penggunaan bumbu dapur dengan benar agar kualitas bumbu dapur tetap terjaga.

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Kualitas Tetap Terjaga


1. Jangan biarkan bumbu dapur berantakan 

Untuk anda yang sering memasak, seringkali anda meletakan wadah bumbu secara asal dan berantakan bahkan sampai lupa untuk merapihkanya kembali. Menata wadah bumbu secara asal, nantinya akan menyusahkan anda sendiri. Wadah bumbu bisa terjatuh karena tersenggol oleh anda, sehingga dapat mengotori lemari. Hal ini juga dapat mempersulit anda untuk menemukan bumbu dapur yang biasa anda gunakan karena anda tidak menatanya dengan rapih. 

Jadi, jangan malas-malasan untuk menata tempat atau wadah penyimpan bumbu-bumbu dapur anda. Atur wadah bumbu pada tempat yang biasa anda letakan atau tempat yang mudah untuk dijangkau. 

2. Simpan pada tempat wadah yang tepat dan beli sesuai kebutuhan 

Bukan hanya sayur dan buah yang mudah busuk atau rusak, jika dibandingkan dengan bumbu dapur. Bumbu dapur memang memiliki daya tahan yang cukup lama. Menyimpan bumbu dapur yang cukup lama ternyata dapat menurunkan kualitas bumbu dapur tersebut. Supaya kualitas pada bumbu dapur tetap terjaga atau tahan lama, anda perlu melakukan penyimpanan bumbu dapur dengan wadah yang sesuai. 

Untuk bumbu yang kering atau yang berbentuk serbuk, seperti lada, merica bubuk, cabai bubuk, sebaiknya lakukan penyimpanan pada wadah yang kering atau yang tertutup rapat. Sementara untuk bumbu dapur yang berbentuk utuh seperti lengkuas, daun jeruk, jahe, bawang, kencur dan kunyit dapat anda tempatkan pada wadah yang terbuka. Namun, jika sudah dikupas atau dipotong sebagaian, ada baiknya langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Selain itu, anda juga perlu untuk mempertimbangkan membeli kebutuhan bumbu dapur sesuai kebutuhan. Jangan membeli bumbu dapur dalam jumlah yang banyak, jika memang penggunaannya tidak dalam jumlah banyak. Kualitas bumbu dapur dapat terjamin hanya dalam jangka waktu satu tahun. 

3. Gunakan lemari khusus untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur 

Untuk cara penyimpanan selanjutnya anda harus memperhatikan cuaca, panas, udara dan kelembapan. Karena hal tersebut merupakan musuh bagi bumbu dapur. Itu sebabnya, anda memerlukan tempat yang gelap dan kering untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur. Seperti lemari, jika tidak memungkinkan untuk memakai lemari Anda dapat menggunakan rak terbuka yang menempel di dinding. 

Tempatkan rak tersebut menjauhi celah jendela, agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Gunakan wadah plastik atau kaleng dengan warna yang gelap dan tertutup rapat.

Subscribe by Email

Manfaatkan Email anda sebaik mungkin, dapatkan artikel terbaru dan terbaik dari kami kapanpun dimanapun. Yuk Subscibe!

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Kualitas Tetap Terjaga
4/ 5
Oleh